Jelajah
IMG-LOGO
Kuliah Kerja Nyata

Mahasiswa UNNES Giat 4 Desa Bandarsedayu Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Sejak Dini

Create By ANTON YOGO SAPUTRO 07 May 2023 128 Views
IMG

  Nilai-nilai Pancasila menjadi kebutuhan penting yang harus diterapkan dalam berkehidupan bermasyarakat. Penjabaran dari kelima Sila Pancasila yang di dalamnya terkadung nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan disebut dengan Nilai-Nilai Pancasila. Banyaknya kasus masyarakat yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila menjadi latar belakang diadakanya kegiatan ini. Sehingga Mahasiswa UNNES GIAT 4 Desa Bandarsedayu menyusun sebuah program kerja dengan Judul Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Sejak Dini.

 

    Program tersebut, di implementasikan dengan mengadakan kegiatan yang diberi nama Giat Sedayu Fest yang mengusung tema ‘Membumikan Pancasila’. Pelaksanaan kegiatan tersebut bertepatan pada bulan Ramadan sehingga kegiatan tersebut juga dikemas dengan aktivitas keagamaan. Giat Sedayu fest dilaksanakan pada tanggal 5-6 April 2023 yang ber-tempat di aula balai Desa Bandarsedayu, MI Miftahud Tholibin dan SD N 1 Bandarsedayu. Rancangan dari kegiatan Giat Sedayu Fest merupakan serangkaian aktivitas untuk anak-anak yaitu pembuatan mading (majalah dinding), pameran hasil madding, lomba mewarnai, pameran hasil mewarnai, lomba azan, lomba hafalan surat pendek juz 30. Kegiatan ini disasarkan kepada anak-anak di Desa Bandarsedayu dan sekitarnya. Jumlah peseta yang mengikuti kegiatan lomba tersebut 136 anak secara keseluruhan.

 

   Panitia kegiatan Giat Sedayu Fest menyusun disetiap dimulainya kegiatan dengan menyayikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya, Lagu Bagimu Negri, Lagu Garuda Pancasila dan melafalkan Sila Pancasila. “Kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa UNNES GIAT 4 dengan tema ‘Membumikan Pancasila’ sangat bermanfaat untuk anak-anak, harapan saya hasil dari kegiatan ini, nilai-nilai Pancasila itu betul betul tertanam pada anak, sehingga dapat di terapkan dalam kehidupan bermasyarakat kelak” Ujar dari Bapak Hisyam selaku Kepala Desa Bandarsedayu. “Giat Sedayu Fest memang ditujukan untuk anak anak dengan tujuan penanaman nilai-nilai Pancasila sejak dini, supaya anak-anak didesa Bandarsedayu ini bisa menjadi penerus bangsa yang memiliki jiwa nasionalis. Tak lepas kegiatan ini dirancang atas dasar program wajib dari kampus kami yaitu Universitas Negeri Semarang dengan judul program Kampung Pancasila.” Ujar Fauzan selaku Ketua Panitia. Giat Sedayu Fest menjadi proyeksi perwujudan Kampung Pancasila, sehingga kegiatan ini dirancang oleh mahasiswa UNNES Giat 4  Desa Bandarsedayu dengan tujuan nilai-nilai Pancasila dapat terus diterapkan/diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Penulis  : Fauzan Wahib, mahasiswa Universitas Negeri Semarang

 

 

 

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - Kuliah Kerja Nyata